"Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu"


Sabtu, 09 September 2017

Minim, Perempuan Pendaftar Panwascam


BLORA - Minat kaum perempuan untuk menjadi peyelenggara pemilu ternyata masih minim. Hingga hari ketiga pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Jumat (8/9), jumlah perempuan yang mendaftar hanya 22 orang dari 84 pendaftar sekretariat Panwaskab Blora. Sementara pendaftar laki-laki masih dominan dengan 62 orang.

Sejumlah pendaftar Panwascam menyampaikan berkas di Kantor Panwaskab Blora, Jum'at (8/9/2017)
Meski demikian di beberapa kecamatan pendaftar perempuan ada yang lebih dari satu. “Kalau dilihat perbandingan dengan jumlah laki-laki masih sedikit, tetapi di semua kecamatan sudah ada kaum perempuan yang mendaftar,” ujar Ketua Panwaskab Blora Lulus Mariyonan.

Melihat data yang sudah masuk, perempuan yang mendaftar ada yang merupakan mantan Panwascam, PPL, PPK serta aktivis sejumlah ormas perempuan di Blora.

Sebelum pendaftaran ditutup, diharapkan para aktivis perempuan di Blora ikut mendaftar sehingga kualitas dan kemampuan penyelenggara perempuan tidak hanya sekedar untuk memenuhi kuota 30 persen. “Kualitas dan pengetahuan akan kepemiluan tetap menjadi acuan untuk memilih anggota Panwascam tidak terkecuali bagi pendaftar perempuan,” terangnya.

Masukkan Masyarakat

Sementara itu, Ketua Pokja Seleksi Calon Anggota Panwascam Anny Aisyah mengatakan, usai pengumuman lolos administrasi maka dibuka ruang pengaduan dan tanggapan dari masyarakat terhadap para calon anggota Panwascam.

Tanggapan dan aduan bisa langsung di kirim di Sekretariat Panwaskab Blora atau melalui email di panwaskabblora04@ gmail.com dengan disertai bukti KTP. “Silahkan masyarakat memberikan masukkan terhadap calon panwascam, sehingga dihasilkan anggotan Panwascam yang berkualitas,” ujarnya.

Dari data yang diperoleh di sekretariat Panwaskab, dari 16 Kecamatan yang paling banyak peserta dari Kecamatan Japah (10 peserta) disusul Jepon dan Blora (9).

Adapun yang paling sedikit yakni Kecamatan Kunduran (1) dan Kedungtuban (2). Bahkan ada kecamatan yang jumlah pendaftar sudah lebih dari enam yang menjadi syarat minimal pendaftar untuk Panwascam. (gie-64)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KETUA BAWASLU: BANGUN SOLIDITAS ANTAR PENGAWAS PEMILU

Solo, Badan Pengawas Pemilu -  Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan perlunya soliditas antara jajaran pengawas, mulai dari tingkat TPS hingga ...

POPULER