"Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu"


Kamis, 26 November 2015

Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Blora Gayeng


Pendukung Tegang menunggu Guyonan

BLORA – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Blora mengikuti Debat Publik dengan gayeng. Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blora hadir di Gedung DPRD Kabupaten Blora bersama para pendukungnya. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB itu juga disaksikan oleh masing-masing pendukung pasangan calon dengan yel-yel penuh semangat. Hasyim Asy’ari, Ph.D dalam Debat Publik sebagai moderator didatangkan langsung dari UNDIP Semarang. Acara berlangsung lancar, aman dan tertib.

Pasangan Calon sudah hadir pada pukul 08.30 bersama para pendukungnya. Paslon Nomor Urut 2 datang lebih awal datang. Disusul berikutnya oleh Paslon dan pendukung Nomor urut 3. Terakhir Paslon dan pendukung nomor urut 1 yang datang sebelum acara dimulai.
Setelah seluruh Paslon dan pendukung hadir, acara dimulai dengan sambutan Ketua KPU Blora yang menyampaikan pentingnya Debat Publik sebagai sarana penyampaian visi, misi dan program dari masing-masing Paslon.

Debat diawali dengan penjelasan mekanisme debat yang disampaikan oleh moderator. Debat dibagi ke dalam 5 segmen, yaitu (1) Pembukaan, (2) Penyampaian visi misi, (3) Pendalaman visi misi, (4) Tanggapan antar Paslon, dan (5) closing statement.
Segmen Pembukaan meliputi pengantar moderator, penjelasan aturan debat hingga penyampaian yel-yel dari masing-masing pendukung Paslon. Segmen Penyampaian visi misi dan untuk Pendalaman, kesempatan setiap Paslon menjabarkan visi misinya.

Setiap Paslon mendapatkan pertanyaan-pertanyaan moderator terkait visi misi bersangkutan kemudian Paslon menjawabnya. Segmen Tanggapan antar Paslon menjadi ajang bagi setiap paslon untuk menguji visi misi Paslon lain. Secara acak yang ditentukan moderator dan diakhiri segmen Closing Statement yang menjadi pernyataan penutup bagi Paslon dalam debat public.

Nuansa debat tampak gayeng dari masing-masing Paslon dalam menyampaikan visi misi dan menanggapi Paslon lain menggunakan gaya yang akrab dan familiar. Tak ayal, seloroh dan kelakar sering muncul dalam debat ini yang barangkali susah ditemukan dalam debat di tempat lain.

Dalam debat ini, masing-masing Paslon menekankan pada skala prioritas dari agenda dan program pemerintahan jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Blora. Dari paparan tersebut, dua isu utama yang ditekankan oleh semua Paslon adalah persoalan infrastruktur dan reformasi birokrasi. (Ngt)

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KETUA BAWASLU: BANGUN SOLIDITAS ANTAR PENGAWAS PEMILU

Solo, Badan Pengawas Pemilu -  Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan perlunya soliditas antara jajaran pengawas, mulai dari tingkat TPS hingga ...

POPULER